fbpx
Tips

Sudah Tau Deodoran Tak Hanya Cegah Bau Ketiak

Penyebab bau badan dikarenakan oleh bakteri yang memecah keringat dan sebagian besar berhubungan dengan kelenjar apokrin. Dari sinilah sebagian besar bau badan berasal. Kelenjar ini ditemukan di payudara, area genital, kelopak mata, ketiak, dan telinga.

Di payudara, kalenjar ini mengeluarkan tetesan lemak ke dalam ASI. Di telinga, mereka membantu membentuk kotoran telinga. Sedangkan kelenjar apokrin yang ada di kulit dan kelopak mata adalah kelenjar keringat.

Kelenjar apokrin terutama bertanggung jawab sebagai penyebab bau badan, karena keringat yang mereka hasilkan mengandung protein tinggi, yang dapat diuraikan oleh bakteri dengan mudah.

Sedangkan pada kaki, bau muncul disebabkan karena kita memakai sepatu dan kaus kaki, sehingga keringat lebih sulit menguap. Selain untuk mengatasi keringat di ketiak menghilangkan bau badan, deodoran memiliki banyak manfaat lain. Produk perawatan tubuh ini ternyata bisa digunakan untuk bagian lain di tubuh, bahkan lemari pakaian.

Manfaat lain dari deodoran

  1. Menghilangkan bau apek di lemari
    Jika lemari Anda memiliki bau apek, Anda dapat menempatkan deodoran yang sudah dibuka bungkusnya di sudut untuk menghilangkan bau tak sedap.
  2. Atasi keringat di bawah payudara dan belakang lutut
    Saat cuaca panas, keringat di bawah payudara mudah berkeringat. Anda dapat mencegahnya dengan mengoleskan deodoran di area tersebut.
    Keringat juga bisa muncul di lipatan belakang lutut saat suhu tubuh meningkat karena cuaca atau olahraga. Semprotkan deodoran di bagian tersebut untuk menjaganya tetap kering.
  3. Cegah iritasi karena gesekan paha
    Bagian dalam kedua paha sering bergesekan. Agar tidak muncul iritasi atau ruam karena lembap, oleskan deodoran di paha bagian dalam agar selalu kering.
  4. Menghapus cat kuku
    Mau menghapus cat kuku tapi aseton habis? Anda bisa menyemprotkan deodoran berbentuk aerosol pada kuku Anda untuk menghilangkannya. Ini mungkin membutuhkan lebih dari satu percobaan, tetapi bisa menjadi penyelamat untuk sementara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *