fbpx

Garut merupakan kota kecil yang mepunyai seribu makna dan cerita, begitupun dengan dunia kuliner nya yang tak kalah dengan kota-kota besar lainnya yang berada di negeri kita ini. Garut yang jaraknya dekat dengan Ibukota Provinsi Jawa Barat sangat kaya pula akan wisata kulinernya yang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang tak kalah dengan yang lainnya. Rasanya tak lengkap bila berkunjung ke kota Garut, jika belum datang ke “Pasar Ceplak”, pusat jajanan atau pasar kuliner ini terletak di pusat kota Garut, tepatnya di Jln. Siliwangi Garut, pasar ceplak ini beroperasi pada pukul 16.00 wib sampai dengan larut malam, dengan berbagai macam makanan, minuman, dan yang lainnya dengan harga terjangkau sekaligus menikmati suasana kota Garut.

Pasar ceplak menyajikan berbagai aneka macam makanan dan minuman yang nyaman di lidah dan murah di kantong. dengan harga yang terjangkau, keberadaan pasar ceplak sering banyak diminati oleh berbagai lapisan masyarakat. Pasar Ceplak menurut bahasa sunda diambil dari kata “nyeplak” yang artinya makan sambil mulut terbuka, pusat jajanan ini diberi nama yamg pasar ceplak. Banyaknya penjual makanan ini menjajakan makanannya di roda PKL (Pedagang kaki lima).

Pusat jajanan ini berjejer menghiasi jalan siliwangi kurng lebih 400 meter yang saling berhadapan sehingga pemburu kuliner bisa memilih mau yang mana kuliner yang ditujunya,dari mulai pedagang ayam goreng dan bakar, pedagang sate, soto, aneka jus, martabak, manis dan asin, roti bakar makanan khas seperti aneka kue basah awug, putu, dan masih banyak lagi varian jajanan yang disajikannya.

pasar ceplak garut
Sumber: indonesiakaya.com

Perlu diketahui akses jalan menuju pasar ceplak ini relatif mudah dan bisa dijangkau karena dari Masjid Agung Garut atau Alun-alun Garut kurang lebih 300 meteran, namun untuk kendaraan roda empat, harus di parkir terlebih dahulu sekitar pasar ceplak, karena kendaraan roda empat tidak bisa melintasi pasar ceplak tersebut, namun akses jalan pasar ceplak diperuntukkan untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Bagi para pecinta kuliner pasar ceplak bisa menjadi pilihan untuk menjajaki suasana kota Garut yang terkenal dengan kota dodolnya ini, pasar ceplak yang menyajikan berbagai varian makanan, cemilan dan minuman. Untuk bisa mengakses ke pasar ceplak ini haruslah sore hari terlebih di malam hari, karena di siang hari sepanjang jalan Siliwangi diperuntukksn untuk akses jalan seperti biasanya, namun untuk sore sampai dengan malam hari jalan Siliwangi ini menjadi ramai dan beralih fungsi menjadi pusat kuliner nya kota Garut, yaitu Pasar Ceplak.

Pasar Ceplak Garut yang memukau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *